Jumat, 30 Juni 2017

KAROMAH PARA WALIYULLAH




Waliyullah adalah orang-orang pilihan atau kekasih Allah dengan tingkat kederajatan ketaqwaanya yang tinggi dan kesucian hatinya bersih.
Dibawah ini dikutib berdasarkan kitab Al Tabaqot al kubro karya imam 'Abdul Rouf Al Munawi r.a  dan juga kitab Mawaqi' al Nujum karya Syaikh Al Akbar Ibnu 'Arabi r.a.

Ada wali yang mampu menyingkap alam ghaib hingga dinding dan kegelapan tidak menghalanginya untuk melihat apa yang dilakukan orang orang didalam rumah mereka.

Ada wali yang ketika berjumpa dengan seseorang pezina,pemabuk,pencuri,pencela atau orang yang suka berbuat zolim,ia melihat goresan tanda hitam pada anggota tubuh mereka yang melakukan maksiat.
'Ali Abi Yazid (guru Ibnu 'Arabi) termasuk wali yang menempati maqom ini.Mukasyafah ini khusus bagi orang-orang yang bersifat wara' yaitu orang-orang  yang benar-benar menjauhi maksiat dan syubat.

Ada wali yang jika ada orang yang ribut atau diam di majelisnya,ia mengetahui derajat dan apa yang akan terjadi pada orang itu,kenyataanya sesuai dengan apa yang dikatakan wali itu dan ia selamanya tidak akan salah.
Diceritakan bahwa ada seorang laki-laki ribut di majelis Abu Madyan,lalu orang itu disuruh keluar.Abu Madyan berkata "Kalian akan melihat keadaanya setahun kemudian".Sebagian orang yang hadir meminta penjelasan,kemudian Abu Madyan berkata "Ia akan menganggap dirinya Imam Mahdi".Dua puluh tahun kemudian apa yang dikatan Abu Madyan terjadi.(Kemampuan ini berasal dari ilmu ladunni)

Ada wali yang tatkala bangun dari tidurnya,dihadapanya sudah tersedia minuman dari madu,susu,dan air,lalu ia meminumnya.

Ada wali yang mampu mengetahui alam ruhani yang berbeda dengan alam fisik,tetapi ia tidak menggelutinya.

Ada wali yang mengetahui rahasia batu-batu mineral dan semacamnya.Ia mengetahui khasiat,rahasia dan bahaya dari batu-batu tersebut.

Ada wali yang dianugerahi maqom bisa memahami Allah dan mendengar tanda-tanda kekuasaan-Nya sehingga ia bisa mendengar ucapan benda-benda mati.Apabila seorang hamba memperoleh maqom ini maka ia mendengar semua benda-benda mati bertasbih dengan bahasa yang jelas seperti manusia.

Ada wali yang dianugerahi kemampuan menyingkap dunia tumbuh-timbuhan.Semua tumbuhan dan rumput memberitahukan kepada wali itu  sari-sari yang dikandungnya,baik yang berbahaya atau yang berkhasiat.

Ada wali yang dikaruniai kemampuan bergaul dengan binatang.Binatang-binatang mengucapkan salam kepadanya dengan bahasa yang jelas dan memberitahukan khasiat-khasiat yang ada pada diri mereka.

Ada wali yang diberi kemampuan menyibak perjalanan hidup orang yang masih hidup,rahasia-rahasia yang diberikan orang itu sesuai dengan keadaanya,dan bagaimana perkembangan ibadahnya dalam perjalanan hidupnya.

Ada wali yang diberi kemampuan melihat hal-hal yang tidak mungkin melalui jentera dan merubah yang kasar menjadi lembut dan sebaliknya.

Ada wali yang diberi kemampuan meramalkan hal-hal jelek yang akan terjadi,lalu ia meminta dihindarkan sehingga ia tidak terkena hal buruk tersebut.

Ada wali yang diberi kemampuan ilmu astrologi dan cara-cara yang sistematis dan menyeluruh.

Ada wali yang diberi kemampuan mencapai ilmu-ilmu Ilahiyah dan diberitahu cara-cara untuk mencapainya seperti persiapan yang harus dilakukan,etika dalam mencari dan mengamalkan ilmu,memegang dan menyebar luaskanya ,serta cara menjaga hati dari hal-hal yang merusak.

Ada wali yang dikaruniai kemampuan mengetahui tingkatan ilmu-ilmu teoritis,ide-ide yang cemerlang dan bentu-bentuk kesalahan pemahamanya.,kemampuan membedakan antara prasangka dan ilmu,berbagai hal yang terjadi diantara alam arwah dan fisik,sebab terjadinya dan berjalanya rahasia Ilahi di alam ini serta sebabnya.

Ada wali yang mampu menangkap alam tashwir,alam taksin,alam benda-benda mati,bentuk-bentuk suci dan jiwa tumbuhan yang mestinya diketahui akal dalam bentuk dan susunan yang baik,rahasia-rahasia kelemahan,kelembutan dan rahmat orang-orang yang disifatinya.

Ada wali yang mampu menguak benda-benda yang memantulkan cahaya,benda-benda yang langgeng atau abadi,rahasia alam, dan kemampuan untuk menjaga dan menyampaikan amanat kepada orang yang berhak.

Ada wali yang iberi pengetahuan tantang simbol-simbol,perhitungan dan firasat.

Ada wali yang disingkapkan baginya dunia lain,mampu menyingkap kebenaran dan pendapat-pendapat yang benar,mazhab-mazhab yang lurus dan syariat-syariat yang diturunkan.

Ada wali yang terlihat sebagai orang alim,Allah telah menghiasi mereka dengan pengetahuan-pengetahuan suci sebagai sebaik-baik perhiasan.

Ada wali yang dianugerahi kewibawaan,ketenangan,teguh pendirian dan kemampuan mengetahui tipu muslihat dan rahasia-rahasia tersembunyi dan sejenisnya.

Ada wali yang mampu berbicara tetapi tidak terlihat siapa yang diajak bicara.Ia berbicara denganya dan mendengar pembicaraan itu,baik pembicaraanya muncul tanpa dipikir sebelumnya atau sebagai jawaban atas pertanyaanya secara seketika,serta memberi dan menjawab salam.

Ada wali yang naik maqomnya hingga ia mampu berbicara kepada malaikat dan bercakap-cakap denganya.Apabila seorang hambamencapai maqom ini maka ia bisa memanggil dan berhubungan denganya.Apabila ia berbicara kepadanya maka malaikat tidak menjawabnya,tetapi apabila pembicaraan antara mereka benar ,mereka akan saling berbicara.Dan apabila ia mengalami hal tersebut maka malaikat akan menolongnya.

Ada wali yang mampu mengatakan sesuatu yang belum terjadi dan memberitahu hal-hal ghaib sebelum tampak.Dalam hal ini ada tiga bentuk yang mungkin terjadi berupa penyampaian,tulisa dan pertemuan.Ibnu Mukhalad mengalami tiga hal tersebut.

Ada wali yang disingkapkan baginya alam keraguan,kekurangan,kelemahan dan rahasia-rahasia perbuatan.

Ada wali yang diperlehatkan kepadanya alam jin dan tingkatan derajatnya,neraka beserta tingkatanya dan tingkatan azabnya.

Ada wali yang mampu mengetahui sifat-sifat manusia,sebagian manusia tertutup sifatnya dan sebagian lain terbuka.Mereka mempunyai tasbih khusus yang bisa diketahui oleh wali apabila ia mendengarnya.

Ada wali yang naik menuju alam ghaib lalu ia melihat disebelah kanan alam itu ada sebuah pena yang menulis kejadian-kejadian di Lauh Mahfuzh dalam bentuk huruf-huruf yang bersyakal dan bertitik. Hal tersebut untuk membedakan beberapa bentuk dan jenis mahluk seperti golongan manusia,mahluk berkaki empat,mahkluk bersayap,macam-macam benda mati,hewan,tumbuhan dan lainya. Orang yang mempunyai maqom ini selalu berusaha menemukan pemilik huruf yang tertulis dalam susunan yang rapih tersebut.Apabila penelitianya lama,padahal usianya pendek maka Allah membuatnya rendah hati dan memohon kepada Allah untuk menghapuskanya.

Ada wali yang menjaga diri dari makanan,minuman dan pakaian yang syubhat(tidak jelas kehalalan dan keharamanya ),apalagi dari yang haram. Hal itu ditandai dengan tanda yang ditunjukan Allah dalam dirinya atau dalam sesuatu yang haram atau syubat itu.
Seperti yang dialami Al Haris Al Muhasibi,apabila dihidangkan kepadanya makanan yang syubat,tiba-tiba keluar keringat dari jarinya.Begitu pula yang terjadi pada ibu dari Abu Yazid Al Bustami ketika mengandungnya,tanganya tidak pernah menyentuh makanan syubhatbahkan tanganya tergenggam sendiri jika menemukan makanan yang syubhat.Ada pula wali yang merasa mual jika memakan makanan yang syubhat sehingga memuntahkanya kembali..Ada juga makanan syubhat dihadapan seorang wali berubah menjadi darah,ulat,berwarna hitam atau babi dan lainya.

Ada wali yang menyentuh makanan yang sedikit maka makanan tersebut menjadi banyak,ada wali yang mampu menjadikan satu macam makanan dalam piring menjadi bermacam-macam dengan keinginan orang yang ada.

Ada wali yang menjadikan makanan,minuman dan bajunya tergantung diudara.seperti yang terjadi pada salah seorang wali yang membutuhkan air di padang pasir,tiba-tiba ia mendengar deringan diatas kepalanya lalu ia mendongakan kepalanya dan disitu ada gelas yang tergantung rantai emas,ia meminumnya dan meninggalkanya.

Ada wali yang memakan makanan spiritual yang menjadikan jiwanya kekal,ia tdak membutuhkan makanan jasmaniah kecuali hanya sedikit untuk mempertahankan dirinya.Kekekalan  jiwabisa tercapai dengan makanan ruhani.

Ada wali yang mengetahui rahasia biji-bijian dan penyemaianya di bumi,hujan yang menyebabkanya tumbuh,angin yang menyebar luaskanya dan apa-apa yang membuat bumi menjadi tenang,serta matahari yang memancarkan cahayanya sebagai makanan bagi tumbuhan.

Ada wali yang dikaruniai kemampuan mengetahui hakikat bumi,lapisan-lapisanya dan rahasia-rahasianya,serta hukum alam yang ditetapkan oleh Allah secara terperinci.

Ada wali yang dibukakanya alam malakut,raahasia kehidupan dan pengetahuan tersembunyi di dalam air sehingga ia bisa mengetahui kehidupan yang kasat dan tak kasat mata dan mampu merasakan hal-hal yang berbahaya dan zat-zat yang ada di laut.

Ada wali yang mengetahui segala tingkat ilmu,kegunaanya di dunia,siapa yang memiliki dan tidak memilikinya dan lain-lain.

Ada wali yang bisa berjalan di udara,hal tersebut dialami oleh banyak wali.

Ada wali yang dibukakan kepadanya pintu alam ruh dan malakut,sehingga ia bisa mengetahui hakikat dari rahasia dan cara malaikat naik turun,rahasia pengaturan dan penundukan mereka,kewajiban dan hak-hak mereka.

Ada wali yang bisa datang ke lauh mahfuzh melalui esensi hatinya,lalu dengan izin Allah ia dapat menyingkap dan menyaksikanya secara langsung (musyahadah) hal]hal yang ada disana padahal anggota badanta tidak bergerak kecuali kedua matanya.

Ada wali yang terus menerus bersimpuh di hadapan lauh mahfuzh,padahal tidak ada manfaatnya.

Ada wali yang terkadang menyaksikan lauh mahfuzh.

Ada wali yang bisa melihat bagaimana pena menulis diatas lauh mahfuzh.
Setiap maqom mempunyai tata cara khusus ,tanda orang yang menyaksikan lauh mahfuzh adalah ia menyebutkan rahasiamu padahal kamu diam saja.

Ada wali yang diperlihatkan oleh Allah rahasia-rahasia yang tersimpan di alam yang paling agung .Ada wali yang di perlihatkan oleh Allah alasan dan sebab terjadi atau tidak terjadinya suatu peristiwa.Setelah ia mengetahuinya ia memikirkan apakah peristiwa itu mempunyai pengaruh atau tidak,aapabila ada pengaruhnya maka ia ia bersiap-siap menerimanya.Apabila pengaruhnya merusak maka ia memperingatkan teman-temanya.Apabila pengaruhnya berupa rahmat atau kabar gembira maka ia  bersyukur dan memuji Allah.

Ada wali yng sampai pada keadaan ketika ia tidak melihat seorang pun yang ia ajak bicara kecuali Allah swt. Ia melaksanakan segala perintahNya.Maqom ini  adalah maqom yang penting. Orang yang mengalami maqom ini adalah Khair al Nasaj r.a .(khair al nasaj bisa anda cari di google).

Demikian bagian kecil dari kemapuan para wali yang diberikan Allah kepada mereka,semoga bermanfaat bagi pengetahuan kita,dan masih banyak lagi karomah para wali yang belum ditulis di atas.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ZAKAT HARTA 1.      Syarat wajib zakat. Orang yang diwajibkan mengeluarkan zakat harta ( maal ) disyaratkan sebagai berikut : a.   ...