Rabu, 05 Juli 2017

ISTIGHOTSAH



Tulisan ini saya ambil dari berbagai sumber baik dari guru,ustadz,buku dan internet.

Kata istighotsah berasal dari Al-ghouts yang berarti pertolongan,dalam ilmu shorof  kalimat tersebutmengikuti pola istaf'ala atau istif'ala yang berarti mencari,meminta atau permohonan.Maka istighotsah yaitu memohon pertolongan (kepada Allah).Memohon pertolongan kepada Allah sudah pasti kita harus ada pendekatan salah satunya yaitu dengan cara istighotsah,dalam surat Al-anfal ayat 9 disebutkan "( Ingatlah wahai Muhammad) ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu Dia mengabulkan permohonanmu" QS: Al anfal 9.
Ayat tersebut menjelaskan peristiwa ketika Nabi Muhammad memohon bantuan kepada Allah pada saat perang Badar ketika saat itu kekuatan musuh tiga kali lipat jumlahnya dari pasukan islam.Kemudian Allah mengabulkan permohonan Nabi dengan memberi bantuan pasukan berupa seribu pasukan malaikat.
Ulama-ulama klasik di Indonesia khususnya di pondok-pondok pesantren secara turun temurun melakukan istighotsah sebagai cara pendekatan dan permohonan suatu doa kepada Allah.Para santri secara turun temurun tetap menjaga istighotsah walaupun zaman telah modern seperti sekarang ini.

Istighotsah juga disebutkan dalam hadits Nabi :
"Sesungguhnya matahari akan mendekat ke kepala manusia di hari kiamat,sehingga keringat sebagian orang keluar hingga mencapai separuh telinganya,ketika mereka berada pada kondisi seperti itu mereka beristighitsah (memohon pertolongan) kepada Nabi Adam,kemudian Kepada Nabi Musa kemudian kepada Nabi Muhammad. (H.R.Al-bukhori).

Dibawah ini ada serangkaian kalimat atau bacaan-bacaan dalam istighotsah,dalam istighotsah ada perbedaan bacaan dibeberapa tempat,daerah atau pondok pesantren akan tetapi intinya sama yaitu memohn pertolongan kepada Allah.



NB:
 Acara istighotsah di Majelis Ta'lim Ar-rahman pringsewu dilaksanakan setiap malam Jum'at Kliwon,acara tersubut dilaksanakan secara rutin oleh jamaah-jamaah Ar-rahman pringsewu.Bagi anda yang berminat bisa bergabung dengan kami di Yayasan Ar-rahman Pringsewu d/a Jl.pemda.Pringsewu gang Pasir Luhur III desa Bulusari.

Facebook : https://mbasic.facebook.com/arrohman.arrohman.33633?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2839158127











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ZAKAT HARTA 1.      Syarat wajib zakat. Orang yang diwajibkan mengeluarkan zakat harta ( maal ) disyaratkan sebagai berikut : a.   ...