Sabtu, 03 Juni 2017

PERJALANAN HIDUP IMAM AL GHAZALI



Beliau adalah Imam Hamid Bin Muhammad Al Ghazali,dilahirkan di Thus (bagian dari wilayah Khurasan,Iran) ada tahun 450 H / 1058 M.Ayah beliau adalah seorang pemintal benang wol yang kemudian dijual di tokonya di Thus.
Pada saat menjelang wafatnya,ayah beliau berwasiat kepada salah seorang temanya,seorang ahli sufi,ayahnya menitipkan sedikit hartanya kepada dua orang anaknya yaitu Al Ghazali dan Ahmad.Dalam wasiatnya beliau berkata kepada temanya :
"Aku menyesal sekali dikarenakan ku tidak belajar menulis,aku berharap untuk mendapatkan apa yang tidak aku dapat itu melalui dua putraku ini".

Orang sufi itu menjalankan wasiat ayah Al Ghazali.Kedua anak titipanya itu diajarkan olehnya cara menulis dan mendidik keduanya sampai harta titipan ayahnya itu habis.Sdangkan orang sufi itu sudah tidak mampu lagi memberikan makan buat kedua anak itu.
Maka beliau berkata kepada mereka:
"Ketahuilah,aku telah membelanjakan semua harta yang diperuntukan bagi kamu berdua.Sedangkan aku adalah seorang yang tidak memiliki harta yang dapat menolong kamu berdua,karena itu aku harap agar kamu berdua menitipkan diri pada sebuah sekolah.Karena disamping kalian dapat belajar kalian juga dapat makan untuk membantu hidup kalian".

Kedua anak tersebut (Al Ghazali dan Ahmad ) menjalankan nasihat sufi itu,keduanya berbahagia dan naik derajatnya.

Dimasa remajanya beliau di Thus,beliau belajar Fiqih kepada syaikh Ahmad Ar Razkani,kemudian meneruskan pelajaranya di Jurjan. Disana beliau berguru kepada syaikh Imam Abu Nasir Ismaili,kemudian kembali ke Thus.Selama tiga tahun beliau berada di Thus untuk merenung,berfikir dan menghafal semua pelajaran yang didapatnya di Jurjan.
Kemudian beliau pindah ke Naisabur,disana beliau berguru kepada Imamul Haramain hingga beliau mengusai Fiqih Asy Syafi'i,mengetahui perbedaan pendapat,perdebatan,ushuluddin dan ushul fiqih,ilmu mantiq,ilmu hikmah dan filsafat.Semua ilmu itu dikuasai benar dan difahami semua pendapat para ahli ilmu tersebut serta berusaha memberikan  sanggahan-sanggahan kepada para penentang dan membatalkan dakwa mereka.Sampai Imamul Haramain sendiri menjulukinya Bahrun Mughriq ( lautan yang menghanyutkan ).

Ketika Imamul Haramain meninggal dunia ( 478 H / 1805 M ) Al Ghazali pergi ke Askar ketempat menteri Nizamul Muluk,dimana majlis Nizamul Muluk merupakan tempat berkumpulnya para ulama ternama.Di majlis ini beliau banyak berdebat dengan para ulama.Dan tidak jarang beliau megalahkan para ulama itu sampai merekapun tidak segan-segan mengakui keunggulan ilmu Al Ghazali.Dan perdana menteri Nizamul Muluk sangat menghargai beliau dan sejak saat itu nama beliau tersohor dimana-mana..

Reputasi beliau yang sedemikian rupa menjadikan beliau dipilih oleh Nizamul Muluk untuk mengajar di madrasah Nizamiyah pada tahun 484 H,swdang usia beliau waktu itu adalah 34 tahun.Di Baghdad beliau mendapatkan kehormatan yang luar biasa sampai mengalahkan para pejabat,raja dan mentari-menteri.

Namun Imam Al Ghazali hanya beberapa waktu saja menikmati semua kesenangan itu,kemudian timbulah rasa muak yang sangat di hati beliau terhadap semua kenikmatan,kemegahan dan kemuliaan yang dicapainya.Beliaupun berbalik pada kehidupan zuhud dan uzlah ( mengasingkan diri ).Beliau lebih suka berkhalwat dan berzikir.Semuanya dilakukan oleh beliau hingga mendekati sepuluh tahun.Ditengah masa khalwatnya itu terbuka bagi beliau segala persoalan-persoalan ghaib.Beliau mendapat pancaran Nur Ilahi dan begitulah seterusnya beliau meningkat terus  ke derajat yang tidak dapat disifatkan  ditulisan ini.Beliauberhasil menulis berpuluh-puluh kitab diperkirakan sebanyak enam puluh kitab.
Kitab Ihya' Ulumudin adalah karya yang dihasilkan beliau saat itu.

halaman asli dari kitab Ihya Ulumudin ,tulisan tanagan asli Imam Al Ghazali rahimahullah.sekita tahun 1000 -1100 Masehi.


Gambar bersumber dari :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ZAKAT HARTA 1.      Syarat wajib zakat. Orang yang diwajibkan mengeluarkan zakat harta ( maal ) disyaratkan sebagai berikut : a.   ...